Skip to content


Sabda Rosul tentang Harta

Rasulullah s.a.w bersabda: Kelak akan menimpa umatku penyakit umat-umatku terdahulu, yaitu penyakit sombong, kufur nikmat, dan lupa diri dalam memperoleh harta dan bermegah-megah dengan harta. Mereka terjurumus dalam jurang kemenangan dunia, saling bermusuhan, saling iri dengki dan dendam sehingga melakukan kezaliman.

Rasulullah saw bersabda, “Andaikan seorang anak Adam (manusia) mempunyai satu lembah dari emas pasti ia ingin mempunyai dua lembah dan tidak ada yang dapat menutup mulutnya (menghentikan kerakusannya kepada dunia) kecuali tanah (maut). Dan Allah berkenan memberi taubat kepada siapa yang bertaubat.”

Mungkin sabda Rosul tersebut merupakan ilustrasi negara kita saat ini, merinding rasanya para melihat sepak terjang public figur kita saat ini, hakim, jaksa, anggota dewan, anggota pemerintahan, anggota parpol, dan mungkin masih banyak lagi tempat yang menjadi sorga koruptor di negeri kita ini. Tentu saja tidak hanya korupsi, masih ada peselingkuhan anggota dewan, pertengkaran antar parpol, penyiksaan militer terhadap sipil, adekan porno para artis, begitu komplek dan merata. Memprihatinkan memang, ternyata begitu rendah dan bobrok aklak public figur kita, seakan mati satu tumbuh seribu.

Terkadang saya merenung, dalam perenungan itu, kenapa saya terlahir di negeri seperti ini, sampai kapan negara kita ini dapat tegak berdiri, bagaimana nasip anak-anak kita kelak, apakah mereka mampu bertahan dalam negara dengan kondisi yang begitu buruk.

Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita, AMIN

Posted in Rohani.